Optimalisasi Turunnya Kinerja pada Main air compressor terhadap Kebutuhan Udara dalam Olah Gerak di Kapal MV. Oriental Jade

Optimizing The Decrease in The Performance of Main Air Compressor Regarding Air Requirements Maneuvering on MV. Oriental Jade

  • Husain Susanto Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Muh. Harliman Saleh Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Pritha Kurniasih Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
Keywords: Main air compressor, Air radiator, Concentric valve, Unloader valve

Abstract

A compressor is a machine used to produce pressurized air, which is then stored in an air cylinder that has a pressure of more than 1 atmosphere. Air compressors on ships are used to support machinery operations. This compressed air supports the start of the main engine and the main engine working system. This research aims to re-optimize the performance of the main air compressor in meeting the compressed air needs on board. The research method used is qualitative. The data collection techniques are observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out by applying the data analysis strategy proposed by Miles and Huberman, while the validity of the data was tested using the triangulation method. The research results showed that the decrease in the performance of the main air compressor was caused by narrowing of the air pipe in the air radiator, jamming and breaking of the concentric valve spring, as well as releasing of air through the unloader valve. The impact of this decrease in performance is that the air supply is very limited, hampering the ship's ability to maneuver both upon arrival and departure. Efforts to overcome this problem involve regular maintenance of the main air compressor, routine maintenance of the radiator air, repair and maintenance of the concentric valve according to running hours, and maintenance of the unloader valve. By carrying out these steps, it is hoped that the performance of the main air compressor can be restored optimally, supporting the need for compressed air, and ensuring the smooth process of ship movement on board the MV. Oriental Jade.

Kompresor adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan udara bertekanan, yang kemudian ditampung dalam tabung udara yang memiliki tekanan lebih dari 1 atmosfer. Kompresor udara di kapal digunakan untuk mendukung operasional permesinan di kapal. Udara bertekanan tersebut mendukung pelaksanaan start mesin induk dan sistem kerja mesin induk. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kembali kinerja main air compressor dalam memenuhi kebutuhan udara bertekanan di atas kapal MV. Oriental Jade. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menerapkan strategi analisis data yang diajukan oleh Miles dan Huberman, sementara keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kinerja main air compressor disebabkan oleh penyempitan pipa saluran udara pada air radiator, macet dan patahnya spring concentric valve, serta keluarnya udara melalui unloader valve. Dampak dari penurunan kinerja ini adalah pasokan udara yang sangat terbatas, menghambat kemampuan kapal untuk melakukan olah gerak baik saat kedatangan maupun keberangkatan. Upaya untuk mengatasi masalah ini melibatkan perawatan berkala pada main air compressor, pemeliharaan rutin air radiator, perbaikan dan perawatan concentric valve sesuai dengan running hours, serta perawatan unloader valve. Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan kinerja main air compressor dapat dipulihkan optimal, mendukung kebutuhan udara bertekanan, dan memastikan kelancaran proses olah gerak kapal di atas kapal MV. Oriental Jade.

 

Published
2024-02-02
Section
Articles