Identifikasi Terjadinya Overpressure Hose saat Proses Discharging pada MT Navigator Global di PMB IV Tanjung Priok

Identification of Hose Overpressure Occurrence during the Discharging Process on MT Navigator Global at PMB IV Tanjung Priok

  • Eric Endy Pratama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Iskandar Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Fatimah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
Keywords: loading and unloading, LPG, overpressure hose

Abstract

LPG unloading at PMB IV, Tanjung Priok by MT Navigator Global experienced increased pressure in the hose. The increase in pressure in the hose is caused by the inadequate condition of the available hose and coordination between the ship and related parties, as well as a lack of knowledge from the related parties regarding this condition which is caused by the dismantling equipment in anormal condition. This research aims to determine the causes and impacts caused by overpressure hoses on MT Navigator Global. The research method used in this research is a qualitative method and uses an instrumental case study approach. The data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation obtained when the researcher carried out onboard practices on MT Navigator Global owned by PT. Major Nautical Equinox for 12 months. In this research, it can be concluded that the cause of hose overpressure, including the condition of the hose used for unloading cargo, is not in good condition and routine maintenance must be carried out so that the hose is safe to use. Then, the overpressure hose occurred on the MT Navigator Global ship during the loading and unloading process at PMB IV Tanjung Priok which resulted in the unloading process being hampered because the hose used could not transmit the cargo due to the high pressure and was detrimental both in terms of time and costs for both the ship management and the land itself. Apart from that, overpressure hose also causes delays in loading and unloading operations for other ships in the port.

Pembongkaran LPG di PMB IV, Tanjung Priok oleh MT Navigator Global mengalami peningkatan pressure pada hose. Kenaikan pressure pada hose disebabkan oleh kurang layaknya kondisi hose yang tersedia dan koordinasi mengenai pihak kapal dengan pihak yang terkait, serta kurangnya pengetahuan dari pihak yang terkait mengenai kondisi tersebut yang disebabkan alat pembongkaran tidak dalam kondisi yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab serta dampak yang ditimbulkan akibat overpressure hose di MT Navigator Global. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus instrumental dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh ketika peneliti melaksanakan praktek berlayar di MT Navigator Global milik PT. Equinox Bahari Utama selama 12 bulan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya overpressure hose, di antaranya yaitu kondisi hose yang digunakan untuk bongkar muatan dalam keadaan tidak baik dan harus dilakukan maintenance secara rutin agar hose aman untuk digunakan. Kemudian terjadinya overpressure hose pada kapal MT Navigator Global saat proses bongkar muat di PMB IV Tanjung Priok berdampak pada terhambatnya proses bongkar muatan karena hose yang digunakan tidak dapat mengirimkan muatan disebabkan pressure yang tinggi dan merugikan baik dari segi waktu dan biaya baik dari pihak manajemen kapal maupun pihak darat itu sendiri. Selain itu, overpressure hose juga mengakibatkan keterlambatan operasi bongkar muat bagi kapal lain yang berada di Pelabuhan.

Published
2024-02-01
Section
Articles