IDENTIFIKASI PENYEBAB RUSAKNYA HEAVY LIQUID CHAMBER PADA LO PURIFIER MITSUBISHI SJ25T DI MV. JINGU DENGAN METODE FTA

  • Gangga Putra Mahardika PIP Semarang
  • Agus Tjahjono PIP Semarang
  • Sumardi PIP Semarang
Keywords: lube oil perifier, heavy liquid chamber, kerusakan

Abstract

Minyak lumas merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam pengoperasian  permesinan di kapal baik untuk Mesin Induk maupun permesinan bantu. Maka dari itu sebagian  besar kapal niaga dilengkapi dengan pesawat yang dapat menjaga kualitas minyak lumas yang  disebut Lube Oil Purifier. Dimana pesawat ini fungsinya untuk membersihkan kotoran maupun  kandungan air pada minyak lumas dengan proses purifikasi. Dalam penelitian ini penulis  mempunyai beberapa masalah yang menjadi tujuan penulisan: faktor penyebab rusaknya heavy  liquid chamber pada Lube Oil Purifier pada saat beroperasi, penilaian dengan metode FTA  terhadap pencegahan terjadinya trouble pada Purifier saat beroperasi, dan langkah yang harus  dilakukan jika mendeteksi abnormalitas pada purifier untuk mencegah kerusakan Lube Oil  Purifier tersebut. 

Agar faktor yang dapat menyebabkan rusaknya heavy liquid chamber pada Lube Oil  Purifier dan pencegahan terjadinya trouble serta kerusakan dapat diketahui maka dalam karya  tulis ini penulis menggunakan analisa dengan metode Fault Tree Analysis (FTA). Metode FTA  digunakan dalam menganalisa kejadian kegagalan dalam sistem. Metode FTA dapat  didefinisikan sebagai analisa untuk mencari penyebab terjadinya masalah dari masalah puncak  hingga menuju akar permasalahan menggunakan diagram pohon kegagalan dengan tujuan  mencari faktor terkecil baik dari mesin maupun manusia yang dapat menyebabkan terjadinya  suatu kegagalan tersebut. Dari hasil penelitian menggunakan metode FTA maka didapatkan  faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada heavy liquid chamber dan trouble yang terjadi  pada Lube Oil Purifier. Maka perawatan dan perbaikan pada setiap komponen perlu lebih  diperhatikan, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti sistem perawatan berencana yang  terdapat di setiap kapal yang telah ditentukan oleh perusahaan berdasarkan kebijakan  perusahaan, instruction book dan makers. 

Selain itu pengawasan pada Lube Oil Purifier yang sedang beroperasi juga diperlukan  untuk memantau kondisi pengoperasian. Pada kesimpulan dan saran dikemukakan tentang  pentingnya mengadakan perawatan dan pemeriksaan secara rutin terhadap semua bagian yang  beresiko menimbulkan trouble dan kerusakan pada Lube Oil Purifier. Bila didapati adanya  trouble pada pengoperasian Lube Oil Purifier maka pengoperasian harus segera dihentikan dan  dilakukan pengecekan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuad, Anis. 2014. Panduan Praktis
Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:
Graha Ilmu
W. E. Vesely, U.S. Nuclear Regulatory
Commission, F. F. Goldberg, U.S.
Nuclear Regulatory Commission, N. H.
Roberts, University of Washington, D.
F. Haasl, Institute of System Sciences,
Inc., 2012, Fault Tree Handbook,
U.S.PEN Government Printing Office,
Washington DC
Vermeire, M. B. 2012. Everything You Need
to Know About Marine Fuels, Chevron
Global Marine Products. Belgium
NYK Maritime College. 2012. NYK Engine
Cadet Course Hand-out. NYK Ship
Management
Vidak, Nives. 2016. Marine Engineering
Course, Sveučilište u Dubrovniku.
Dubrovnik
Mitsubishi Selfjector Series.1992. Instruction
Manual For Purifier SJ20T~60T,
Kanasashi Co., Ltd. Design
Department. Kanagawa
Published
2017-05-31
How to Cite
Gangga Putra Mahardika, Agus Tjahjono, & Sumardi. (2017). IDENTIFIKASI PENYEBAB RUSAKNYA HEAVY LIQUID CHAMBER PADA LO PURIFIER MITSUBISHI SJ25T DI MV. JINGU DENGAN METODE FTA. Dinamika Bahari, 7(2), 1662-1665. https://doi.org/10.46484/db.v7i2.43