ANALISIS PENYEBAB TURUNNYA TEMPERATUR PADA RUANG PENDINGIN MAKANAN DI MT. BAUHINIA

  • Yulian Harjuansyah PIP Semarang
  • Abdi Seno PIP Semarang
  • Okvita Wahyuni PIP Semarang
Keywords: Temperatur, Pendingin Makanan, Fault Tree Analysis

Abstract

Mesin pendingin makanan di kapal MT. Bauhinia digunakan untuk menjaga ketahanan  pada bahan makanan, agar tetap segar dan terjaga kualitasnya. Dengan suhu ruangan  pendingin yang terkontrol akan dapat menghambat perkembangan bakteri dalam bahan  makanan yang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan. Dengan ketentuan untuk menyimpan  sayur dan buah agar tetap segar diperlukan suhu ruangan antara 40C sampai 100C dan untuk  ruangan daging dan ikan harus mampu menyediakan suhu antara -120C sampai -180C. Dengan  mencari faktor-faktor, dampak dan juga upaya dari turunnya temperatur pada ruang pendingin  makanan. Dengan menggunakan metode fault tree analysis yaitu metode membuat pohon  kesalahan sebagai pencari penyebab terjadinya permasalahan. Metode pengumpulan data yang  digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi.  Teknik analisis data digunakan antara lain adalah reduksi data, penyajian data dan menarik  kesimpulan. 

Dari hasil penelitian terdapat faktor-faktor dari turunnya temperatur dari ruang  pendingin makanan yaitu, terjadinya kebocoran freon pada pipa coil evaporator, terlalu banyak  minyak lumas di dalam compressor, kotornya oil separator, banyaknya uap air yang berada  pada ruang pendingin, seringnya terbuka pintu ruang pendingin, kotornya condenser dan juga  kurangnya kapasitas air pendingin pada condenser. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan  terdapat dampak dari turunnya temperatur pada ruang pendingin makanan akan menyebabkan  turunnya temperatur pada indikator ruang pendingin, terdapatnya bunga-bunga es pada pipa  coil evaporator yang disebabkan karena kurangnya freon pada sistem. Serta kerja compressor  yang berjalan terus menerus. Untuk menjaga agar temperatur pada ruang pendingin tetap  optimal yaitu melakukan perawatan pada komponen-komponen mesin pendingin tersebut secara  rutin sesuai dengan instruction manual book.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.R. Trott. 2008. Refrigeration and Air
Conditioning. USA
G. F. Hundy. 2016. dkk, Refrigerator, Air
Conditioning and Heat Pumps. USA
Kristiansen. 2005. Metode Fault Tree
Analysis. Indonesia
Kuo, Chengi. 2007. Kelebihan dan
Kekurangan Fault Tree Analysis.
Indonesia
Moleong, Lexy J. 2015. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Manual book. 1997. Daikin Condensing Unit.
Japan
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Bisnis.
Jakarta: ALFABETA
Tim Penyusun Politeknik Ilmu Pelayaran
Semarang. 2016. Panduan
penyusunan skripsi Diploma IV.
Semarang
Widoyoko, Eko P. 2012. Teknik Penyusunan
Instrumen Penelitian. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Published
2017-05-31
How to Cite
Yulian Harjuansyah, Abdi Seno, & Okvita Wahyuni. (2017). ANALISIS PENYEBAB TURUNNYA TEMPERATUR PADA RUANG PENDINGIN MAKANAN DI MT. BAUHINIA. Dinamika Bahari, 7(2), 1732-1739. https://doi.org/10.46484/db.v7i2.53