OPTIMALISASI PERAWATAN DEEPWELL CARGO PUMPS GUNA MEMPERLANCAR KEGIATAN BONGKAR MUAT DI ATAS KAPAL MT. CORAL RIGIDA

  • Awel Suryadi PIP Semarang
  • Darul Prayogo PIP Semarang
  • Ruly Samratulangi PIP Semarang
Keywords: perawatan, deepwell cargo pumps, bongkar muat

Abstract

Pelabuhan merupakan tempat kapal berlabuh dan bersandar, naik atau turunpenumpang dan bongkar/muat barang. Sebagai bagian dari mata rantai transportasi laut,fungsi pelabuhan adalah tempat pertemuan (interface) dua moda angkutan atau lebih sertainterface berbagai kepentingan yang saling terkait. Dalam aktivitasnya pelabuhanmerupakan sarana yang penting dan strategis untuk pertumbuhan perekonomian suatunegara, itu terbukti dari banyaknya kapal yang berkunjung di Pelabuhan negara tersebut.

Kegiatan bongkar muat dilaksanakan pada waktu 23.00 waktu setempat dikarenakanpihak terminal mengadakan pendinginan cargo line di darat. Dengan cargo line menanjakkeatas bukit mengakibatkan rasio cargo tiap jamnya hanya sedikit. Setelah beberapa jammengadakan kegiatan bongkar muatan, pada jam jaga Thrird Officer yang dimana cadet ikutserta dalam kegiatan jaga cargo dan Chief Officer sedang mengadakan pengecekan muatandan pada saat itu juga deepwell cargo pumps mengeluarkan asap dan suara yang keras.

Faktor penyebab terlambatnya kegiatan bongkar muatan diatas kapal akibat kurangnyaatau tidak adanya pemeliharaan dan perawatan terhadap peralatan deepwell cargo pumps.Perusahaan pelayaran harus melakukan penyeleksian terhadap pelaut yang ingin bergabungatau mengadakan pelatihan kepada pelaut sebelum mereka bergabung diatas kapal, agarsesuai dengan criteria yang diinginkan.

Mualim I di atas kapal hendaknya selalu memeriksa pekerjaan perwira lainnya agarsesuai dengan yang dikehendaki dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. I. Lavery. 1999. Ship Board Operation.
2nd Edition. London: BH. Uk
IMO. 2002. International Safety
Management Code. London : BH.
Uk
Lasse. 2004. Manajemen Kepelabuhanan.
Jakarta: Rajawali
NSOS. Managemen Perawatan dan
Perbaikan. Dirjen Hubla
Pelabuhan Tanjung Priok. 2007. Jakarta:
PT. Pelindo II
Sea Gull Training. 2008. Gas Tanker
Familiarisation Ang Advance
Simanjuntak, Marihot. 2001. Teknik
Perbaikan Dan perawatan Kapal
Program D IV. Jakarta : STIP
Jakarta
Suyono, R. P. 2007. Shipping Pengangkutan
Intermodal Ekspor Impor Melalui
Laut. Jakarta: Argya Putra
Triatmodjo, Bambang. 2010. Perencanaan
Pelabuhan. Jakarta: Beta
UU No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran
Published
2019-05-31
How to Cite
Awel Suryadi, Darul Prayogo, & Ruly Samratulangi. (2019). OPTIMALISASI PERAWATAN DEEPWELL CARGO PUMPS GUNA MEMPERLANCAR KEGIATAN BONGKAR MUAT DI ATAS KAPAL MT. CORAL RIGIDA. Dinamika Bahari, 9(2), 2283-2286. https://doi.org/10.46484/db.v9i2.94