ANALISIS KEMAMPUAN DAN MOTIVASI UNTUK MENDUKUNG KINERJA INSTRUKTUR NAUTIKA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN (BP2IP) BAROMBONG

  • Fajar Transelasi PIP Semarang
  • Najmi Kamariah PIP Semarang
  • Frida Chairunisa PIP Semarang
Keywords: kemampuan, motivasi, kinerja instruktur nautika BP2IP Barombong

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan danmotivasi untuk mendukung kinerja instruktur nautika Balai Pendidikan dan Pelatihan IlmuPelayaran Barombong dari aspek pendekatan sumber, pendekatan proses dan pendekatansasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode rancangandeskriptif dengan jumlah informan sebanyak 6 orang yang dianggap mengetahui tentangkemampuan dan motivasi instruktur nautika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dariaspek pendekatan sumber untuk indikator kemampua dalam pembuatan bahan ajar/modulsudah efektif dengan pelatihan workshop, keterampilan instruktur nautika meningkat setelahdilakukan diklat khusus dan diklat profesi kepelautan. Aspek pendekatan proses sudah sesuaidengan standar dimana peserta diklat dapat menerima ilmu yang diberikan oleh instrukturdengan baik, dan pendekatan sasaran terciptanya output yang dapat memenuhi kebutuhantenaga pelaut untuk kapal-kapal niaga baik nasional maupun internasional.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pimpinan untuk lebih meningkatkankemampuan instruktur nautika dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap/prilakudengan cara memberikan kesempatan kepada instruktur nautika untuk mengikuti pendidikandan pelatihan, workshop, seminar, bimtek dan pendidikan lainnya yang berhubungan dengantugas pokok instruktur nautika. Serta disarankan kepada pimpinan untuk lebih meningkatkanmotivasi instruktur nautika, baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik diantaranyapemberian insentif, lingkungan kerja yang nyaman dan memberikan pengakuan terhadaphasil pekerjaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharma, Agus. 2003. Manajemen
Supervisi: Petunjuk Praktis bagi
para Supervisor. Cet-5. Jakarta : PT.
Raja Grafindo Persada
Handi, Irawan. 2002. 10 Prinsip Kepuasan
Pelanggan. Jakarta : Elex Media
Komputindo
Moenir, A.S.1992. Manajemen Pelayanan
Umum di Indonesia. Jakarta : Bina
Aksara
Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan,
Strategi, Metode, Teknik dan Model
Pembelajaran. Bandung : Sinar
Baru Algensindo
Siagian, S.P. 1993. Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jakarta : Rineka
Cipta
Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian
dalam Manajemen. Jakarta : PT.
Raja Grafindo Persada
Published
2019-05-31
How to Cite
Fajar Transelasi, Najmi Kamariah, & Frida Chairunisa. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN DAN MOTIVASI UNTUK MENDUKUNG KINERJA INSTRUKTUR NAUTIKA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN (BP2IP) BAROMBONG. Dinamika Bahari, 9(2), 2317-2324. https://doi.org/10.46484/db.v9i2.98