Analisis Terjadinya Masalah Rusaknya Gear Coupling pada Pompa Ballast Mt. Sungai Gerong

  • Arif Malik Fajar Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Darul Prayogo Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
  • Fitri Kensiwi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Indonesia
Keywords: Analysis, Ballast Pump, Gear Coupling, SHELL Method

Abstract

Pompa ballast diatas kapal berfungsi sebagai pompa pengatur air ballast, memudahkan manuver kapal dan mengkompensasi pengurangan muatan akibat pengurangan air bersih dan bahan bakar. Sistem ballast adalah salah satu sistem pelayanan di kapal yang mengangkut dan mengisi air ballast. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisa sistem pompa ballast dalam menyesuaikan tingkat kemiringan dan draft kapal, sebagai akibat dari perubahan muatan kapal sehingga stabilitas kapal dapat dipertahankan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode SHEL. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa faktor penyebab kerusakan pada gear coupling pada pompa ballast MT. Sungai Gerong adalah keausan pada gear coupling. Penulis menyimpulkan, kerusakan pada gear coupling pompa ballast dapat menyebabkan penurunan efisiensi pompa ballast. Penulis menindaklanjuti dengan melakukan perbaikan, agar kerusakan lainnya pada berbagai komponen lain tidak terjadi.

Published
2024-05-22