PENANGANAN EMPTY CONTAINER DI DEPO PT. GREATING FORTUNE LOGISTIK

  • Nur Rohmah Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Luthfiah Hanisa Isdanarko Politeknik Ilmu pelayaran Semarang
  • Samsul Huda Politeknik Ilmu pelayaran Semarang
Keywords: Handling, Empty Container, Container Depot

Abstract

Pada industri logistik maritim, efisiensi waktu dalam pengelolaan container di depo dapat mengurangi biaya operasional. Kesalahan serius dalam sistem logistik terjadi ketika Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) tidak mematuhi prosedur pengambilan container, terutama karena praktek penukaran empty container tanpa pemberitahuan kepada depo. Hal ini menyebabkan ketidaksesuaian dengan Delivery Order (DO) dan container terjebak di pelabuhan sehingga memerlukan penerbitan DO baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanganan empty container di depo PT. Greating Fortune Logistik, untuk mengetahui kendala dalam menangani empty container di depo PT. Greating Fortune Logistik, dan upaya untuk mengetahui yang dilakukan depo PT. Greating Fortune Logistik agar empty container siap digunakan kembali.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini memaparkan terkait proses penanganan empty container di depo PT. Greating Fortune Logistik dilaksanakan sesuai SOP yang dibuat perusahaan. Tahap-tahapanya adalah pengajuan request order oleh shipper/eksportir, penerbitan delivery order (DO) oleh pihak pelayaran, permintaan booking confirmation oleh shipper, pengantaran dokumen DO dan bukti pembayaran ke depo, input dan pelepasan DO oleh depo, pemilihan empty container dan proses pemuatan ke truk, serta penerbitan equipment interchange receipt (EIR). Dalam penelitian ini juga memaparkan kendala dalam menangani empty container di Depo PT. Greating Fortune Logistik yang terdiri dari kurangnya koordinasi antara EMKL dan Depo, penukaran empty container tanpa pemberitahuan, dan kualitas empty container yang tidak layak. Upaya yang dilakukan oleh depo PT. Greating Fortune Logistik untuk memastikan empty container siap digunakan kembali meliputi pemantauan dan evaluasi kualitas empty container, perbaikan dan pemeliharaan empty container, ketersediaan empty container yang memadai, dan komitmen terhadap standar kualitas.

Published
2024-05-22