Analisis Kerusakan Exhaust Valve Main Engine Kapal OMS BROMO
Abstract
Katup buang (exhaust valve) merupakan bagian penting pada mesin pembakaran. Exhaust valve adalah valve pada mesin diesel yang berfungsi untuk menutup katup selama langkah kompresi, sehingga memberikan tekanan pembakaran yang berfungsi untuk memaksimalkan performa mesin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembakaran katup buang dan kerusakan pada katup buang (exhaust valve) pada mesin utama (main engine) Hyundai Himsen 8H21/32P. Kerusakan pada exhaust valve dapat mengakibatkan berbagai masalah operasional yang dapat mempengaruhi kinerja kapal secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis terhadap data kerusakan exhaust valve yang terjadi di Kapal OMS Bromo. Metode analisis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan yang paling umum terjadi, faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan tersebut, serta dampaknya terhadap operasional kapal. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masalah-masalah yang terkait dengan exhaust valve pada mesin utama kapal, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dan perawatan yang lebih efektif untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi operasional kapal. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis SHEL (Software-Hardware-Environment Livewere) model. Hasil dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagian yang tidak terbakar dalam proses pembakaran di ruang bakar yang menyebabkan exhaust valve kotor dan menyebabkan gas buang hasil pembakaran bocor melalui celah valve yang aus. Sisa karbon yang menempel dan mendingin akan menyerap asam sulfat yang dihasilkan oleh pendinginan gas pembakaran yang berlebihan, bahan keras/kasar (absrasive material) dalam bentuk katalis dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya keausan, Bagian bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna akan menjadi kerak dan menyebabkan temperatur gas buang naik.