Analisis Self-efficacy Matematis Taruna Pendidikan Tinggi Maritim di Poltekpel Surabaya
Abstract
Kompetensi matematika menjadi salah kemampuan esensial bagi seorang calon pelaut, baik di bidang navigasi maupun teknisi, berdasarkan kurikulum Maritime Education and Training (MET) untuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Sementara itu, banyak studi yang mengungkap bahwa self-efficacy matematis menjadi salah satu prediktor kuat pencapaian kompetensi matematika. Dalam studi ini, peneliti ingin manganalisis bagaimana self-efficacy matematis taruna pendidikan vokasi pelayaran dan menggali faktor apa saja yang mempengaruhi. Data diperoleh melalui angket self-efficacy yang diisi oleh 33 taruna politeknik pelayaran surabaya. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 50% taruna memiliki skor self-efficacy tinggi dan sisanya pada kategori sedang. Motivasi belajar matematika taruna secara signifikan mempengaruhi self-efficacy matematis taruna. Sementara itu, beberapa aspek yang tidak secara langsung tidak berhubungan dengan matematika, seperti tingkat pengetahuan dan pengalama maritim, serta tingkat studi, tidak secara langsung signifikan berpengaruh terhadap self-efficacy matematis taruna.