TERJADINYA OVERFLOW LUBRICATING OIL PADA LO PURIFIER

  • Dwi Prasetyo PIP Semarang
Keywords: identifikasi, overflow lubricating oil, metode SHEL

Abstract

Purifier pada dasarnya adalah sebuah bowl atau wadah silinder yang berputardengan kecepatan tinggi. Ketika campuran minyak, air dan endapan lumpur masukkedalam putaran cepat centrifugal purifier, endapan akan terlempar ke lapisan luar, airmasuk pada lapisan tengah dan minyak pada lapisan paling dalam. Air yang telahdipisahkan akan keluar melalui laluan air keluar dan oli keluar melalui outletnya. Minyaklumas akan menjadi tidak layak digunakan apabila bercampur dengan air, pasir ataukerikil yang halus, lumpur, serta kotoran lainnya. Maka dari itu minyak lumas harus selaludijaga supaya bebas dari kotoran semaksimal mungkin, maka dari itu harus dilakukanpembersihan pada minyak lumas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuipenyebab terjadinya overflow lubricating oil pada purifier. Sedangkan tujuan khususnyaadalah untuk mengetahui bagaimana metode SHEL digunakan dalam mencegah terjadinyaoverflow lubricating oil pada purifier.

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasilangsung kelapangan untuk mengetahui penyebab terjadinya overflow lubricating oil padapurifier bersama para Masinis dan engine crew. Dari hasil identifikasi, ternyata penelitimenemukan bahwa main seal ring pada lubricaring oil purifier telah mengalamikerusakan, yang pada umumnya dalam keadaan normal dapat menutup celah antara bowlbody dan bowl hood tidak lagi menutup rapat sehingga oli bersih keluar ke sludge port.Selanjutnya untuk Masinis ataupun crew mesin yang sedang tugas jaga harus selalumelakukan pengecekan terhadap suhu pada lubricating purifier dan juga harus melakukanmaintenance sesuai dengan jam kerja. Sehingga nantinya tidak terjadi overflow lubricatingoil pada purifier lagi, operasional mesin induk juga lancar dan tidak merugikan berbagaipihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alan JS, Carl DH, John JG. 2008. Safety
Management Systems in Aviation.
USA : Ashgate Publishing Company
Cadet Handouts Course Bernhard Schulte
Shipmanagement
Roader, Catalin. 2005. Dry Docking
Specification. Bernhard Schulte
Shipmanagement. Cyprus
Taylor, D.A. 2002. Introduction to marine
Engineering (Revised Second
Edition). Great Britain : Athenaeum
Press Ltd
Hadi, Sutrisno. 2010. Metodologi Research.
Yogyakarta : Andi Offset
Jackson, Leslie, and Thomas D. Morton.
2001. General Engineering
Knowledge For Marine Engineers.
Great Britain : Thomas Reed
Publications
Manual Instruction Book. 2005. Mitshubishi
Selfjector, Mitsubishi Kakoki Kaisha
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati.
2014. Metodologi Penelitian.
Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung : Alfabeta
http://wikiofscience.wikidot.com/technology
:shell-model-of-human-factors
http://mrosafety.blogspot.co.id/2012/08/shel
l-model.html
Published
2017-10-31
How to Cite
Dwi Prasetyo. (2017). TERJADINYA OVERFLOW LUBRICATING OIL PADA LO PURIFIER. Dinamika Bahari, 8(1), 1798-1811. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.58