IDENTIFIKASI DAMPAK DECK WATER SEAL UNTUK PENINGKATAN KERJA INERT GAS SYSTEM DI MT. GREEN STARS DENGAN METODE FTA

  • Wahyu Aji PIP Semarang
  • Jamiul Alim PIP Semarang
  • Sri Purwantini PIP Semarang
Keywords: inert gas system, metode fault tree analysis, perawatan deck water seal

Abstract

Inert Gas System adalah pesawat bantu yang digunakan untuk mempertahankan kadaroksigen yang rendah dalam tangki sehingga memungkinkan timbulnya kebakaran. Purging padatangki-tangki muatan yang kosong dengan maksud menggantikan campuran hidrokarbon gasdengan inert gas agar bisa mengurangi konsentrasi atau kadar hidrokarbon di bawah garisyang disebut Critical Dilution. Kalau sampai ada udara segar masuk ke dalam tangki tersebutmaka kondisi atmosfir dalam tangki akan segera masuk dalam kantong dimana campuran inidapat terbakar atau rusak. Terdapat 3 permasalahan yang terdapat pada IGS saat dioperasikanyaitu perawatan Deck Water Seal diperlukan dalam pengoperasian IGS, dampak apabila DeckWater Seal tidak bekerja secara maksimal dan upaya yang dilakukan agar Deck Water Sealbekerja secara maksimal dalam pengoperasian IGS.

Untuk mengupayakan agar IGS dapat beroperasi dengan maksimal maka diadakanpenanganan yang baik dan tepat, dalam mencari solusi permasalahan digunakan metode FaultTree Analysis (FTA). Metode analisis ini terutama digunakan dalam bidang teknik keselamatandan rekayasa keandalan untuk memahami bagaimana sistem bisa gagal, untuk mengidentifikasicara terbaik untuk mengurangi resiko angka kejadian kecelakaan keselamatan atau systemfungsional, FTA mengidentifikasi hubungan antara faktor penyebab dan ditampilkan dalambentuk pohon kesalahan yang melibatkan suatu gerbang logika sederhana. Perawatan DeckWater Seal sangat penting dalam pengoperasian IGS, yaitu salah satunya merawat komponenyang menunjang kinerja dari Deck Water Seal seperti demister pad, inert gas blower. Dalamdemister pad ada komponen lain yaitu deck seal pump dan drain valve. Begitu juga dalan inergas blower ada safety valve, mast riser, non return valve. Komponen tersebut sangatlah pentingguna menunjang kinerja dari deck water seal. Masinis dapat melaksanakan kegiatan perawatandengan baik terhadap deck water seal, agar kerja dari deck water seal dapat bekerja secaramaksimal pada saat pengoperasian IGS di kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-
Published
2017-10-31
How to Cite
Wahyu Aji, Jamiul Alim, & Sri Purwantini. (2017). IDENTIFIKASI DAMPAK DECK WATER SEAL UNTUK PENINGKATAN KERJA INERT GAS SYSTEM DI MT. GREEN STARS DENGAN METODE FTA. Dinamika Bahari, 8(1), 1837-1843. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.60