MENGOPTIMALKAN PERAWATAN KOMPONEN-KOMPONEN PADA SISTEM KELISTRIKAN GUNA MENCEGAH TERJADINYA LOW INSULATION DI KAPAL SS. SURYA SATSUMA

  • Darul Prayogo PIP Semarang
  • Krisman Gelesah PIP Semarang
Keywords: perawatan, low insulation, korosi

Abstract

Pentingnya kebutuhan listrik diatas kapal sering tidak disertai dengan perawatan yangbaik atau secara intensif. Hal ini dapat menyebabkan terjadi masalah pada sistem kelistrikanyang ada di kapal. Biasanya masalah kelistrikan terjadi pada kapal - kapal yang sudahcukup lama beroperasi (kapal-kapal tua). Salah satu masalah kelistrikan yang popular diatas kapal adalah kebocoran arus listrik yang yang lebih sering kita kenal dengan istilah“low insulation”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan pengaruh low insulationdalam sistem kelistrikan diatas kapal dan mengetahui perawatan yang benar dalam sistemkelistrikan kapal.

Sasaran dari pengkajian ini adalah sebagai sumbangan terhadap ilmu pengetahuanterkait perawatan komponen-komponen pada sistem kelistrikan diatas kapal dan sebagaiacuan atau pedoman dalam melakukan perawatan terhadap komponen-komponen padasistem kelistrikan diatas kapal.

Kondisi sekitar (seperti suhu, kelembaban, dan cuaca) menyebabkan suatu komponen listrik mengalami kerusakan akibat terbentuknya korosi. Umur dari suatu komponen komponen listrik dapat mempengaruhi terjadinya low insulation di atas kapal. batas waktu tersebut menyebabkan komponen itu tidak dapat berfungsi secara maksimal bahkan mengalami kerusakan. Faktor korosi dapat menyebabkan terjadinya low insulation dikapalSS. Surya Satsuma. Bagian komponen listrik yang terbuat dari besi mengalami korosi danlama-kelamaan korosi tersebut mulai menyebar pada isolator di komponen listrik tersebutdan mengakibatkan isolator sebagai penghambat listrik tidak berfungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, Fajar Nur’aini D. 2016. Teknik
Analisis SWOT. Yogyakarta :
Quadrant
Handoyo, Jusak Johan. 2016. Ketel Uap,
Turbin Uap, dan Turbin Gas
Penggerak Utama Kapal. (Edisi 3).
Jakarta : Djangkar
Narbuko, Chalid dan Abu Achmadi. 2015.
Metode Penelitian. Jakarta : PT Bumi
Aksara
Osaka Boiler Mfg. Co., Ltd. 2006.
Instruction Manual Book. Jepang
Riandry, Muhammad Aldy. 2014. Air
Boiler dan Air Pengisian Boiler.
Diambil dari:
http://termodinamikablog.blogspot.co.
id/2015/04/air-boiler-dan-air-pengisiboiler.
html, Diakses pada 02
September 2017
Setiawan, Agus. 2016. Pengertian Studi
Kepustakaan, Diambil dari:
http://www.transiskom.com/2016/03/
pengertian-studi-kepustakaan.html.
Diakses pada 02 September 2017
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : CV Alfabeta
______. 2008. Teknik-teknik Analisis
Manajemen, Modul Pendidikan dan
Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III.
Jakarta : Lembaga Administrasi
Negara
______. 2017. http://lokerpelaut.com/
perawatan-air-keteluap-atauoiler.
html. Diakses pada 04
November 2017
Published
2018-05-31
How to Cite
Darul Prayogo, & Krisman Gelesah. (2018). MENGOPTIMALKAN PERAWATAN KOMPONEN-KOMPONEN PADA SISTEM KELISTRIKAN GUNA MENCEGAH TERJADINYA LOW INSULATION DI KAPAL SS. SURYA SATSUMA. Dinamika Bahari, 8(2), 1978-1991. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.71