KEAUSAN CRANK PIN JOURNAL CRANKSHAFT PADA DIESEL ENGINE GENERATOR DI. MV. KARTINI BARUNA

  • Tristanto Prasetya PIP Semarang
  • Sarifuddin PIP Semarang
  • Budi Joko Raharjo PIP Semarang
Keywords: crankshaft diesel engine generator, keausan crank pin journal

Abstract

Crankshaft merupakan komponen mesin yang bekerja mengubah gerak lurus bolakbalikpiston dengan perantara batang piston menjadi gerak putar. Untuk mengubahnya,dengan proses sebuah crankshaft membutuhkan pena engkol (crank pin, sebuah bearingtambahan yang diletakkan di bagian ujung batang penggerak pada tiap silinder.

Mengingat pentingnya fungsi crankshaft maka keberadaan komponen mesin tersebutharus dirawat dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode fault treeanalysis, yaitu metode analisa yang digunakan apabila terdapat suatu kejadian yang tidakdiinginkan atau undesired event terjadi pada suatu sistem. Sistem tersebut kemudiandianalisa dengan kondisi lingkungan dan operasional yang ada.

Dengan melaksanakan prosedur tersebut diharapkan sistem operasional dieselgenerator dapat berfungsi secara normal dan maksimal, sehingga kegiatan pelayaran danperusahaan tidak mengalami kerugian yang disebabkan terganggunya operasional kapal.Pada akhir bagian penelitian. Penulis menyajikan kesimpulan dan saran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Wahyu. 2012. Motor Bensin
Modern. Jakarta : Rineka Cipta
Handoyo, Jusak Johan. 2014. Mesin
Penggerak Utama Motor Diesel.
Jakarta
Nazir. 2014. Metodologi Penelitian
Pengumpulan Data
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis.
Jakarta : Alfabeta
Kristiansen. 2015. Metode Fault Tree
Analysis
Daihatsu Diesel Engine Operation Manual
Rowen, Alan L. and R. D. Jacobs. 2014.
Modern Marine Engineer’s Manual,
Volume II Third Edition. Amerika
Published
2018-10-31
How to Cite
Tristanto Prasetya, Sarifuddin, & Budi Joko Raharjo. (2018). KEAUSAN CRANK PIN JOURNAL CRANKSHAFT PADA DIESEL ENGINE GENERATOR DI. MV. KARTINI BARUNA. Dinamika Bahari, 9(1), 2126-2136. https://doi.org/10.46484/db.v9i1.81