ANALISA PENYEBAB TINGGINYA SUHU GAS BUANG DUAL FUEL DIESEL ENGINE DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Abstract
Dual Fuel Diesel Engine (Mesin Bahan Bakar Ganda) merupakan mesin denganpemanfaatan dua bahan bakar dalam proses pembakarannya untuk memperoleh tenaga kerjapada mesin. Jenis bahan bakar yang digunakan meliputi bahan bakar Methane Gas (CH4)dan MGO (Marine Gas Oil). Methane (CH4) dihasilkan dari Vapour Cargo Tank LNG(Liquified Natural Gas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajapenyebab tingginya suhu gas buang terhadap kinerja Dual Fuel Diesel Engine di MV.Tangguh Palung dengan menggunakan metode analisis data Fault Tree Analysis. Darianalisis data penelitian di hasilkan beberapa rumusan masalah yaitu, faktor-faktor yangdapat menyebabkan tingginya suhu gas buang pada Dual Fuel Diesel Engine adalahkurangnya suplai udara pembakaran dalam ruang pembakaran mesin, komposisipembakaran yang tidak sesuai antara bahan bakar minyak dan gas, serta suhu Engine Roomyang terlalu panas. Dampak yang di timbulkan adalah kerusakan pada komponen-komponenpermesinan dan penurunan kinerja dari Dual Fuel Diesel Engine. Untuk mengatasipenurunan kerja pada Dual Fuel Diesel Engine adalah dengan melaksanakan perawatan danperbaikan pada setiap komponen permesinan yang mengalami masalah dan kerusakan sesuaidengan Running Hours dan Instruction Manual Book.
Downloads
References
Abdurrahmat. 2006. Metodelogi
Penelitian dan Teknik Penyusunan
Skripsi. Jakarta: PT. Asdi
Mahasatya
Kristiansen, Svein. 2005. Maritime
Transportation Safety Management
Risk Anaysis. London: Great Britain
Kuo, Chengi. 2007. Safety Management
and its Maritime Aplication.
England: Modern Colour Solution
Samsung Heavy Industry. Cargo Operating
Manual
Samsung Heavy Industry. Machinery
Operating Manual
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi
Penelitian. Yogyakarta : Pustaka
Baru Press
Wartsila. 50DF Engine Manual, Instruction
and Equipment. Finlandia