KEGAGALAN PEMBUKAAN PENGUNCI STERN RAMP PADA MV. DREAM DIAMOND

  • Dwi Antoro PIP Semarang
Keywords: pengunci stern ramp door

Abstract

Pengunci stern ramp door adalah salah satu alat yang perannya sangat penting untukkapal Ro-Ro yang berfungsi untuk merapatkan stern ramp door sehingga menjadi kedap airserta menahan ramp door dari goncangan apabila terjadi cuaca buruk. Pengunci stern rampdoor memiliki sistem kerja yang sederhana tetapi apabila terjadi kegagalan pada pembukaanpenguncistern ramp door dampak yang ditimbulkan sangat besar salah satunya adalahtertundanya proses bongkar ataupun muat.

Penelitian ini menggunakan analisa fishbone dan USG. Dalam menentukan penyebabpenyebabyang menyebabkan kegagalan pada pembukaan pengunci stern ramp penelitimenggunakan metode fishbone. Dan untuk menentukan prioritas masalah untuk diselesaikanpeneliti menggunakan metode USG.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya kegagalan pembukaanpengunci stern ramp pada MV. Dream Diamond yaitu tidak melakukan pengecekan sebelumdigunakan. Upaya yang dilakukan untuk mencegah kegagalan pada pembukaan penguncistern ramp yaitu dengan melakukan pengecekan sebelum menggunakan pengunci stern rampserta pemberian education tentang pengoperasian pengunci stern ramp juga harus dilakukanterhadap seluruh crew terutama crew baru tentang pengoperasian pengunci stern rampsesuai prosedur yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sudjatmiko. 2013. Pokok-Pokok Pelayaran
Niaga. Jakarta
Jokosiswoyo, S. 2011. Analisis Fatigue
Kekuatan Stren Ramp Door
Akibat Beban Dinamis Pada KM.
Kirana I Dengan Metodo
Elemen Hingga Diskrit Elemen
Segitiga
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung
MacGregor book guide book for Stern
Ramp Door ,
http://www.macgregor.com
Published
2018-10-31
How to Cite
Dwi Antoro. (2018). KEGAGALAN PEMBUKAAN PENGUNCI STERN RAMP PADA MV. DREAM DIAMOND. Dinamika Bahari, 9(1), 2172-2188. https://doi.org/10.46484/db.v9i1.85